Jumat, 26 Juni 2009

Tujuan Penelitian Bahasa

Tujuan Penelitian Bahasa (Syamsuddin dan Vismaia, 2007:3)

1. Menemukan dan mengembangkan teori, model, atau strategi baru dalam pendidikan bahasa;
2. Menerapkan, menguji dan mengevaluasi kemampuan teori, model, strategi pendidikan bahasa dalam memecahkan masalah pendidikan bahasa;
3. Mendeskripsikan dan menjelaskan keadaan atau hubungan berbagai isu atau pikiran yang terkait dengan masalah bahasa;
4. Memecahkan masalah pendidikan bahasa;
5. Menemukan factor-faktor yang mempengaruhi masalah pendidikan bahasa;
6. Membuat keputusan atau kebijakan.

Pentingnya Penelitian Pendidikan Bahasa
1. Pendidik
2. Masyarakat umum
3. Penentu Kebijakan

Sifat-sifat Penelitian Pendidikan Bahasa

1. Bertujuan
2. Sistematis
3. Objektif
4. Logis: Deduktif; Dari pernyataan umum ke kesimpulan khusus. Induktif; mengamati kasus-kasus tertentu kemudian membentuk generalisasi.
5. Empiris
6. Reduktif; mereduksi berbagai kebingungan
7. Replicable dan Transmitable; Replicable; dapat diulangi oleh peneliti lain dan Transmitable; penelitian harus dapat memecahkan masalah
8. Penjelasan singkat; membuat yang komplek menjadi sederhana
9. Simpulan bersyarat; penelitian adalah merupakan simpulan bersyarat atau tidak mutlak

Penelitian berdasarkan tujuan

1. Penelitian Dasar: Peneliti bertujuan perluasan ilmu tanpa memikirkan pemanfaatan hasil penelitian tersebut untuk masyarakat dengan kata lain penelitian untuk mengembangkan teori dan tidak langsung memperhatikan kegunaan praktis.
2. Penelitian terapan: Penelitian yang bertujuan menerapkan, menguji, dan mengevaluasi kemampuan suatu teori yang diterapkan dalam memecahkan masalah praktis baik secara individual maupun kelompok.

Penelitian Berdasarkan Jenis data
1. Penelitian Kuantitatif adalah penelitian yang menyajikan hasil-hasil statistic yang diwakili oleh angka-angka;
2. Penelitian Kualitatif adalah penelitian yang menyajikan data yang dinarasikan dengan kata-kata, skema dan gambar.

Penelitian Berdasrkan Aspek Metode

Eksperimental

1. Penelitian Eksperimen, The Influence of Using Audio Visual Toward Speaking Ability of English Department of STAIN Parepare, The Effect of EGRA Technique in Teaching English Structure on the Students Achievement at the Third Year Class of SLTP Negeri 3 Bumiayu, Pengaruh model pembelajaran interaktif dalam membaca terhadap kemampuan membaca siswa dalam kondisi dikontrol secara ketat; Pengaruh tanda baca terhadap pemahaman bacaan (Nunan) (sampel dengan cara acak)
2. Penelitian Eksperimen Kuasi (sampel tidak dengan acak)
3. Penelitian Subjek tunggal

Noneksperimental

1. Penelitian Deskriptif, contoh: Berapa besar nilai rata-rata kemampuan efektif membaca siswa sekolah dasar? Berapa banyak siswa yang dating ke perpustakaan setiap minggunnya? Berapa banayak waktu yang digunakan siswa untuk kegiatan membaca setiap harinya? Berapa pada tingkat berapa kemampuan membaca siswa?

2. Penelitian komparatif, Contoh; Apakah terdapat perbedaan jenis karangan antara siswa laki-laki dan perempuan? Perbandingan tingkat pemahaman wacana antara anak yang membaca dengan menggunakan music dan anak yang membaca tanpa mendengarkan music? The Difference of Students Achievement before and After Using Competence Based Curriculum of The Second Year Student Of SMPN 1 Parepare in Speaking Subject

3. Penelitian Korelational; contoh: hubungan tingkat keterbacaan wacana dengan pemahaman wacana; hubungan antara penggunaan bahasa ibu dan prestasi bahsa inggris; hubungan anatara pola suh orang tua dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. The correlation between Illustrated Textbook and Student Motivation in Learning English of The first year students of SMAN 1

4. Penelitian survey; Contoh: bagaimana gambaran sikap dan motif siswa terhadap pembelajaran bahasa kedua; bagaimana gambaran hubungan antara kemampuan berbicara dan proses mengingat; Bagaimana pengaruh usia siswa terhadap kemampuan berbahasa?; Bagaimana pengaruh situasi, interaksi dan keadaan siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris?

5. Penelitian Eks post facto; Contoh: Pengaruh kebiasan membaca orang tua terhadap minat baca siswa. (Kebiasaan membaca orang tua tidak bias dimanipulasi sehingga peneliti melihat pengaruhnya setelah kondisi tersebut terjadi)

Penelitian Interaktif (Kualitatif)

1. Ethnografik; Etnografi adalah penelitian untuk menjelaskan dan menafsirkan budaya atau kelompok atau sistem sosial. Sebagai sebuah proses, etnografi melibatkan kerja lapangan yang membutuhkan banyak waktu, melakukan pengamatan secara khusus dan wawancara dengan para peserta, dan mengumpulkan berbagai artifak. Terdapat kegiatan dokumenter melalui observasi. Hasilnya berupa uraian komprehensif, naratif, yang bersifat holistik dan interpretatif.

2. Fenomenologi adalah filsafat ilmu dan metode penelitian. Penelitian ini menjelaskan makna/pengertian tentang pengalaman hidup.
3. Studi Kasus
4. Grounded Theory
5. Studi Kritis

Penelitian Noninteraktif (Kualitatif)
1. Analisi Konsep
2. Analisis Historis


Melalui analisis dokumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar terhadap isi dan tayangan dalam blog ini